Peluang Usaha

Tahapan Mudah Cara Beternak Kroto

Cara beternak kroto sebenarnya gampang gampang sulit akan tetapi jika sudah menekuni cukup lama akan terasa bahwa beternak kroto adalah hal yang menyenangkan.

Kroto dihasilkan oleh semut rangrang dimana ratu semut merupakan pimpinan dalam koloni semut yang memiliki peran dalam menghasilkan kroto. Bentuknya seperti lalat hijau atau tawon dan yang paling besar di antara koloninya.

Sementara semut jantan memiliki warna kehitaman dan mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan dengan ukuran ratu semut dengan siklus hidup yang lebih singkat.

Beberapa Tahapan Cara Beternak Kroto yang Baik

Kembali berbicara mengenai semut rangrang yang merupakan penghasil cara beternak kroto, ada juga semut pekerja yang merupakan semut betina mandul yang berperan dalam menjaga telur kroto hingga menetas.

Lihat :   Memanfaatkan Peluang Usaha Grosir Untung Maksimal

Sedangkan yang lainnya adalah semut prajurit yang bertugas untuk mencari makan untuk semua anggota koloni dan melindungi rumah dari berbagai jenis ancaman.

Bagi peternak kroto, ada baiknya tidak melakukan pemanenan semua kroto dalam satu siklus panen karena tidak semua siklus atau periode telur semut dipanen untuk menghasilkan koloni yang baru sehingga budidaya menjadi semakin menyenangkan dan meningkat.

peluang-usaha-ternak-kroto

Yang terpenting dari budidaya cara beternak kroto adalah menyediakan media atau sarang untuk kroto. Yang sederhana adalah terbuat dari toples dengan tahapan yang mudah dalam budidayanya.

Lihat :   Memanfaatkan Peluang Usaha Rumahan Dengan Tepat

Yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat arang koloni semut rangrang supaya mereka mau bertelur. Gunakan toples dan lubangi di bagian bawahnya dengan ukuran diameter 5 hingga 7 cm.

Setelah itu tutup kembali menggunakan lakban. Selanjutnya adalah mendapatkan bibit koloni semut rangang yang ada di alam bebas lalu memasukkan bibit tersebut ke dalam toples dan tutup dengan rapat. Koloni haruslah lengkap terdiri dari prajurit, dan anggota koloni yang lainnya.

Lihat :   Cara Melahirkan Ide Bisnis Kreatif untuk Usaha

Siapkan nampan plastik lalu isi air hingga setinggi setengah dari nampan tersebut. Simpan batu bata yang datar di tengah dan taruhlah toples semut di atas batu bata dengan posisi yang tegak dan penutup lubang toples bisa dibuka supaya semut bisa bebas keluar masuk mencari makan.

Itulah cara beternak kroto yang mudah dan menghasilkan kroto yang berkualitas untuk dijual.

Penulis Artikel

Melayani Jasa Penulisan Artikel Profesional di Indonesia, Mulai Menulis sejak 2010, dan Blog Ini adalah Salah satu Portofolio dari Jasa Content Writer Terpercaya Kami. Butuh Update Blog Rutin? Hubungi Kami Disini!

Belum Ada Komentar

Klik Disini Untuk Berkomentar