Ide Bisnis

Peluang Bisnis Kriuk Jelang Lebaran dan Sesudahnya

Siapa bilang camilan yang harus dipersiapkan jelang lebaran hanya kue-kue kering atau coklat praline saja? Nyatanya, penggemar makanan crispy alias kriuk tidak kalah banyaknya.

Jadi, anda bisa memanfaatkan peluang bisnis kriuk jelang lebaran dengan memproduksi camilan sejenis kerupuk atau stick renyah yang diolah dari aneka bahan. Kuncinya adalah kreativitas anda dalam memadukan bahan-bahan yang akan digunakan, sehingga kripik yang dihasilkan lebih renyah dan unik.

Peluang Bisnis Kriuk Modal Kecil: Aneka Stick

Stick aneka rasa bisa menjadi peluang bisnis kriuk modal kecil untuk anda. Dibandingkan bisnis kue kering, ada beberapa kelebihan usaha stick, di antaranya:

  • Modal awal lebih kecil, karena umumnya tidak membutuhkan peralatan yang rumit. Banyak jenis stick yang bisa diolah tanpa menggunakan mixer maupun cetakan kue. Selain itu, harga bahan bakunya lebih murah; umumnya hanya tepung, sedikit mentega, telur, atau varian rasa, seperti keju
  • Varian rasa lebih banyak; anda bisa mengolah stick dari berbagai jenis bahan, seperti stick ubi jalar, stick ubi ungu, stick kentang original, stick kentang dengan varian rasa seperti keju, kopi, dan sebagainya, stick keju, stick bawang, stick tahu, stick tempe, stick bayam, dan sebagainya. Bahkan anda bisa mengolah stick dari aneka buah, aneka lauk, dan aneka sayur.
  • Produk lebih ringan. Produk stick bisa anda pasarkan secara online, karena bobotnya yang ringan, sehingga tidak terlalu membebani pembeli dalam hal ongkos kirim.
  • Tahan lama. Asalkan dikemas kedap udara, stick tahan lebih lama, sehingga bisa dijadikan camilan setelah lebaran.
Lihat :   Cara Beternak Burung Murai Batu Berkualitas

Stick aneka rasa memiliki segmen penggemar tersendiri. Banyak orang yang tidak begitu suka dengan camilan manis. Jadi, stick dapat menjadi alternatifnya. Ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk anda, bukan hanya menjelang lebaran, namun juga setelah lebaran nantinya.

peluang-usaha-makanan-kripik-ringan

Peluang Bisnis Kriuk Menjanjikan: Kripik Buah dan Sayur

Satu lagi peluang bisnis kriuk menjanjikan yang bisa anda rintis menjelang atau setelah lebaran adalah usaha kripik buah. Usaha ini cukup menjanjikan, karena Indonesia sangat kaya dengan aneka buah-buahan yang bisa diolah menjadi kripik lezat. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan bahan baku dengan harga yang relatif murah. Berikut adalah beberapa ide usaha yang bisa anda coba:

  • Kripik buah yummy; kripik buah bisa anda olah dari aneka buah lokal, seperti salak, nangka, mangga, apel, rambutan, pisang, ubi, dan sebagainya. Kripik biasanya diolah menggunakan teknologi vacuum frying dan pengeringan dengan spinner. Jadi, anda harus berinvestasi untuk membeli alat penggorengan dan spinner untuk memulai usaha ini.
  • Kripik sayuran; di antaranya adalah kripik daun bayam, kripik bawang, kripik talas, kripik wortel, kripik brokoli, kripik jamur, kripik kembang kol, dan sebagainya. Teknologi yang digunakan bisa sistem vacuum frying atau penggorengan biasa.
Lihat :   Ide Bisnis Jasa Penerjemah yang Prospektif

Usaha kripik dan stick adalah dua peluang bisnis kriuk yang bisa anda rintis tanpa mengenal musim. Keduanya tidak membutuhkan modal awal yang besar dan bisa dijalankan sendiri dari rumah.

Yang paling penting adalah kreativitas anda dalam memvariasikan rasa, kecermatan anda untuk memilih bahan baku berkualitas, metode pengemasan, dan pemasaran.

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan rasa, karena produk yang nikmat dan unik akan selalu diburu oleh konsumen. Misalnya, anda bisa mencoba varian rasa pedas dengan berbagai tingkat kepedasan, varian rasa original, rasa manis, dan aneka rasa lainnya. Terkahir, jangan lupa mendaftarkan usaha anda, sehingga pembeli merasa lebih aman saat mengkonsumsi camilan hasil buatan anda.

Lihat :   Menjalankan Usaha Pemula Hingga Sukses

Penulis Artikel

Melayani Jasa Penulisan Artikel Profesional di Indonesia, Mulai Menulis sejak 2010, dan Blog Ini adalah Salah satu Portofolio dari Jasa Content Writer Terpercaya Kami. Butuh Update Blog Rutin? Hubungi Kami Disini!

Belum Ada Komentar

Klik Disini Untuk Berkomentar