Peluang Usaha

Cara Beternak Kenari Mudah dan Sukses

Bisnis yang paling menyenangkan adalah sebuah hobi yang menghasilkan. Diantaranya adalah cara beternak kenari yang menjadi bisnis paling menyenangkan terutama untuk mereka yang menyukai burung dan senang untuk memelihara burung tersebut.

Sebelum melakukan budidaya ada baiknya untuk memilih terlebih dahulu burung kenari yang unggul dengan ciri diantaranya memiliki daya adaptasi atau penyesuaian diri yang cepat dan ketika mendengar burung yang lain berkicau akan dengan mudah mengikutinya atau dikenal dengan istilah ngacor.

Satu lagi ciri burung kenari yang unggul adalah memiliki birahi yang mudah naik dengan alasan berbagai faktor termasuk makanan.

Lihat :   Peluang Usaha yang Menjanjikan di Yogyakarta

Cara Beternak Kenari dan Persiapannya

Cara beternak kenari adalah dengan membedakan terlebih dahulu burung kenari yang ada. Untuk membedakan jenis kelamin bisa dilakukan pada usia burung menginjak 1 bulan dimana biasanya burung jantan sudah dipisah dari induk dan seringkali berbunyi.

Berbeda dengan burung kenari jenis kelamin betina masih belum berbunyi. Dari bentuk tubuhnya, kenari jantan memiliki tubuh lebih panjang tetapi ramping tetapi untuk kenari betina memiliki bentuk yang bulat.

Jika lebih teliti lagi maka bisa diteliti di bagian telur dimana kenari jantan akan memiliki bentuk telur oval dan agak lonjong sedangkan untuk telur kenari betina memiliki bentuk bulat.

Lihat :   10 Peluang Bisnis Online Yang Mengasyikan

cara-beternak-kacer

Hal lainnya yang perlu diperhatikan sebagai cara beternak kenari ialah dengan mengetahui berapa usia burung kenari tersebut. Maka dari itu akan bisa diketahui kapan waktunya member pakan dengan tepat karena setiap usia memiliki tekstur pakan yang berbeda.

Misalnya kapan burung kenari diberi pakan yang lembut, atau kapan burung kenari diberi pakan yang kasar. Perhatikan juga kondisi kandang atau sangkarnya supaya bisa dengan mudah burung kenari dibudidayakan. Ada bainya selalu meletakkan sangkar di daerah yang tepat sehingga mudah untuk memperhatikan kesehatan dan kebersihannya.

Lihat :   Usaha Kuliner Makanan Ringan Jualan Kripik Singkong

Jika semua hal tersebut sudah disiapkan, maka selanjutnya bisa langsung melakukan perjodohan untuk melakukan budidaya kenari dengan baik. Jika sudah dijodohkan maka burung kenari betina akan segera bertelur dan mengerami telur tersebut.

Terkadang burung kenari jantan pun ikut menjaga anak mereka supaya bisa menetas dengan sempurna. Demikian cara beternak kenari yang benar, yang terpenting adalah memperhatikan kesehatan dan kebersihan dari burung kenari serta tempat tinggalnya supaya bisa terpelihaa dengan baik juga.

Penulis Artikel

Melayani Jasa Penulisan Artikel Profesional di Indonesia, Mulai Menulis sejak 2010, dan Blog Ini adalah Salah satu Portofolio dari Jasa Content Writer Terpercaya Kami. Butuh Update Blog Rutin? Hubungi Kami Disini!

Belum Ada Komentar

Klik Disini Untuk Berkomentar