Peluang Usaha

Cara Beternak Kacer yang Mudah Untuk Pemula

Burung kacer adalah jenis burung kicau yang populer di kalangan pecinta burung. Burung ini memiliki banyak daya tarik, dimana daya tarik utamanya adalah suara kicaunya, sehingga menggoda banyak orang untuk memelihara bahkan membudidayakannya.

Cara beternak kacer memang tidak mudah, karena burung ini adalah burung petarung yang susah untuk dijinakkan. Namun dengan kesabaran dan keuletan, banyak peternak yang mampu menghasilkan kacer dengan kualitas tinggi dan harga jualnya cukup mahal.

Tips Dan Cara Beternak Kacer

Burung kacer memiliki suara, bentuk tubuh, dan warna bulu yang menarik. Banyak yang berusaha menangkarkan burung ini karena harganya yang mahal.

Lihat :   Bisnis Di Desa yang Minim Persaingan Kompetitor

cara-beternak-kacer

Berikut ini ada beberapa tips dan cara beternak kacer untuk anda yang baru mulai menangkarkan burung ini.

Mempersiapkan Kandang

Kandang yang akan digunakan bisa dengan sangkar gantung atau kandang penangkaran. Masing-masing mempunyai keunggulannya sendiri. Sangkar gantung memiliki kelebihan lebih hemat, praktis dan tidak makan tempat.

Hasil anakan yang diperoleh juga bagus dan berkualitas. Sedangkan menggunakan kandang penangkaran akan memberikan keleluasaan bagi burung karena kandangnya yang cukup luas. Hasil anakan dengan kandang jenis ini sangat bagus.

Di dalam kandang Anda perlu menyediakan bahan-bahan untuk Kacer membuat sangkar dan keramba untuk mandinya.

Lihat :   Cara Beternak Ayam Mutiara Dengan Keunikannya

Memilih induk yang baik

Kualitas anakan yang dihasilkan dari hasil penangkaran juga sangat dipengaruh oleh faktor keturunan induknya. Indukan yang baik akan memperbesar peluang untuk mendapatkan anakan yang berkualitas.

Beberapa faktor indukan yang perlu dipilih adalah pilih indukan jantan dan betina yang jinak, pilih yang kondisi fisiknya baik dan rajin berkicau, serta usia betina setidaknya 1 tahun dan yang jantan 1,5 atau 2 tahun.

Proses perjodohan

Perjodohan dimulai dengan proses pengenalan selama 1 – 2 minggu menggunakan sangkar bersekat. Tujuannya agar tidak terjadi perkelahian selama proses pengenalan ini.

Setelah dirasa cukup saling mengenal, maka keduanya dipindahkan dalam satu kandang untuk proses perkawinannya.

Lihat :   Cara Beternak Kenari Mudah dan Sukses

Perawatan kebersihan dan makanan

Tips cara beternak kacer terakhir adalah permbersihan kandang harus rutin 2 kali seminggu, begitu juga dengan penggantian pakan dan minumnya. Pakan ekstra berupa kroto atau jangkrik juga bisa ditambahkan.

[td_smart_list_end]

Itu tadi tips dan cara beternak kacer bagi anda yang baru mulai usaha penangkaran burung kacer ini. Selain menjanjikan keuntungan bisnis, beternak burung kacer juga meberikan banyak hiburan terutama bagi pecinta burung.

Mengerjakan sesuatu yang menjadi hobi Anda akan selalu menyenangkan dan tidak akan menjadi beban. Selamat mencoba.

Penulis Artikel

Melayani Jasa Penulisan Artikel Profesional di Indonesia, Mulai Menulis sejak 2010, dan Blog Ini adalah Salah satu Portofolio dari Jasa Content Writer Terpercaya Kami. Butuh Update Blog Rutin? Hubungi Kami Disini!

Belum Ada Komentar

Klik Disini Untuk Berkomentar