Peluang Usaha

Cara Beternak Ayam Petelur yang Menguntungkan

Jika ayam petelur diternakan dengan baik maka akan menghasilkan pendapatan keluarga yang cukup.

Cara beternak ayam petelur yang baik tentu saja harus memperhatikan bagaimana ayam tersebut membutuhkan pakan, tempat untuk tinggal dan kebersihan sehingga proses bertelur yang akan dilakukan ayam menjadi lebih produktif yang akan menghasilkan telur yang lebih banyak.

Ayam petelur merupakan ayam yang berjenis kelamin betina dewasa yang dipelihara khusus untuk diambil telurnya. Awal mula ayam berasal dari ayam hutan yang kemudian dipelihara serta dibiarkan bertelur.

Mensiasati Cara Beternak Ayam Petelur

Cara beternak ayam petelur dimulai dengan ayam ras petelur white leghorn yang memiliki badan kurus ketika masa produktifitasnya habis.

Lihat :   5 Ide Bisnis Sampingan Pegawai Negeri Sipil

Ketika mulai merebak peternakan ayam petelur maka masyarakat semakin memberikan respon yang baik dimana semakin hari permintaan akan telur menjadi semakin meningkat apalagi jika sudah tahu apa yang dikandung oleh telur dengan gizinya yang tinggi.

Sentra peternakan dikembangkan di berbagai daerah dan dapat dijumpai di seluruh pelosok. Adapun jenis ayam petelur dibagi ke dalam dua jenis, yaitu jenis tipe ayam petelur ringan dan ayam petelur medium.

Tipe ayam petelur ringan dalam cara beternak ayam petelur disebut juga sebagai petelur putih, ayam petelur ini memiliki badan yang ramping dan dengan mata yang bersinar. Bulunya berwarna putih dan memiliki jengger merah.

Lihat :   Cara Beternak Kambing Dengan Keuntungan Maksimal

ternak-ayam-petelur

Ayam petelur kelas ringan ini berasal dari gaur murni white leghorn yang sulit dicari tetapi banyak dijual di Indonesia dengan berbagai nama seperti hen house. Untuk tipe ayam petelur, mampu bertelur hingga 260 telur per tahun yang memiliki kemampuan untuk bertelur saja dan dagingnya hanya sedikit sehingga tidak bisa diandalkan untuk dijual atau dibudi dayakan berdasakan fungsi dari daging itu sendiri.

Lihat :   Bagaimana Cara Beternak Bebek?

Dalam cara beternak ayam petelur, ada juga yang disebut ayam petelur media yang memiiki bobot tubuh yang berat dan menghasilkan telur yang lebih banyak. Jika akan dikonsumsi dagingnya maka akan menghasilkan daging yang lebih banyak dibandingkan dengan tipe ayam petelur sebelumnya.

Ayam ini disebut juga dengan ayam dwiguna atau ayam petelur cokelat karena memiliki warna bulu cokelat. Jika anda membutuhkan ayam petelur unggul untuk digunakan sebagai plasma nutfah, maka ayam ini adalah pilihan yang tepat untuk menghasilkan bibit yang berkualitas maupun untuk diolah lebih lanjut.

Penulis Artikel

Melayani Jasa Penulisan Artikel Profesional di Indonesia, Mulai Menulis sejak 2010, dan Blog Ini adalah Salah satu Portofolio dari Jasa Content Writer Terpercaya Kami. Butuh Update Blog Rutin? Hubungi Kami Disini!

Belum Ada Komentar

Klik Disini Untuk Berkomentar